A. LATAR BELAKANG MADRASAH

Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru adalah merupakan salah satu madrasah swasta dari 16 Madrasah Aliyah lainnya yang ada di Kota Pekanbaru. Pada tahun pelajaran 2020/2021 ini telah memasuki usia yang ke 26 tahun, dan telah menamatkan siswa sebanyak dua puluh lima angkatan yang sebagian besar melanjutkan ke perguruan tinggi.

MA Darul Hikmah dibawah naungan Yayasan Nur Iman Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru Riau telah mendapatkan simpati dari masyarakat yang ditunjukkan dengan meningkatnya animo orang tua mempercayakan pendidikan anaknya di lembaga ini. Kondisi dan situasi ini menjadi tantangan masa depan lembaga untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di masa mendatang. Madrasah Aliyah Darul Hikmah menjawab tantangan itu dengan senantiasa meningkatkan kualitas, baik kualitas guru, murid, sarana prasarana, pelayanan terhadap wali murid dan lain-lainnya.

Madrasah Aliyah Darul Hikmah mulai beroperasi semenjak tahun pelajaran 1994-1995 dengan jumlah murid angkatan pertama sebanyak 16 orang putra-putri 1 (satu) lokal, dan dibina oleh para guru yang berjumlah 9 orang. Mayoritas siswa/santri berasal dari Panti Asuhan Kasih Ibu Bangkinang dan mereka dibebaskan dari segala biaya, meskipun semuanya tinggal di asrama.

Pada tahun pelajaran 1995/1996, diterima siswa baru sebanyak 52 orang dengan memisahkan antara lokal putra dan putri, sehingga pada tahun ke-2 ini siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah berjumlah 68 orang, para siswa berasal dari berbagai daerah sekitar Kota Pekanbaru, mereka menetap di asrama dengan membayar iuran bulanan.

Pada tahun ke-3 tahun pelajaran 1996-1997 diterima kembali siswa baru sebanyak 95 orang untuk 3 lokal, dengan demikian pada tahun ke-3 Madrasah Aliyah Darul Hikmah telah lengkap mempunyai tingkatan rombongan belajar yaitu kelas 1 berjumlah 95 orang, kelas II berjumlah 52 orang dan kelas III berjumlah 16 orang dengan memilih jurusan IPS. Jumlah siswa semuanya adalah 153 orang yan terdiri dari 108 puteri dan 55 putra.

Seiring dengan bertambahnya siswa secara perlahan dan pasti telah dilengkapi juga beberapa sarana yaitu Labor IPA, Labor Bahasa, Perpustakaan, MCK, Kantin, Koperasi dan lapangan bermain. Pengadaan sarana prasarana tersebut disesuaikan dengan kemampuan yayasan selaku penyandang dana.

Pada tahun ke-4 yaitu tahun pelajaran 1997-1998 pertambahan jumlah siswa semakin banyak sehingga daya tampung asrama maupun ruang kelas yang disediakan yayasan tidak mencukupi. Hal ini berakibat pada tidak dapat diterimanya beberapa orang calon siswa untuk masuk belajar di Madrasah Aliyah Darul Hikmah, meskipun mereka semuanya sangat berharap, banyak calon siswa yang tidak dapat tertampung karena daya tampungnya terbatas. Tahun berganti tahun para calon siswa yang akan masuk di Madrasah Aliyah Darul Hikmah tetap banyak, pada tahun ke-26 ini yayasan sudah menambah dan mengembangkan fasilitas serta sarana prasana asrama maupun ruang kelas, hingga saat ini jumlah siswa mencapai 500 orang siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru.

B. VISI, MISI, TUJUAN DAN TARGET MADRASAH

1. Visi Madrasah

Visi MA Darul Hikmah Pekanbaru

Visi tersebut di atas merupakan aplikasi dari Surat Al-Qoshosh:77 dan mencerminkan cita-cita madrasah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
Untuk mewujudkannya, Madrasah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut :

2. Misi MA Darul Hikmah Pekanbaru

3. Tujuan Madrasah

Tujuan lembaga ini didirikan adalah untuk mencetak generasi yang berimtaq, beriptek, berkualitas, dan mandiri. Dan tujuan Madrasah ini sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis, serta bertanggung

Tujuan MA Darul Hikmah Pekanbaru

  1. Melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien, sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 dengan menerapkan pembelajaran saintifik yang mencakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta melakukan penilaian autentik;
  2. Menumbuh-kembangkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik;
  3.  Menerapkan pendekatan “pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan” pada semua mata pelajaran;
  4. Mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan;
  5. Meningkatkan kemampuan civitas madrasah untuk memanfaatkan waktu luang dengan aktivitas positif;
  6. Mengembangkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks;
  7. Mengembangkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial;
  8. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif;
  9. Menguasai pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan tinggi.Mengembangkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks;

4. Target Madrasah

  1. Mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan;
  2. Mengadakan jam tambahan pada pelajaran tertentu;
  3. Menganjurkan pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik untuk membaca 1 (satu) judul buku per bulan dan membuat laporan hasil bacaan;
  4. Membentuk MGMP pada seluruh mata pelajaran;
  5. Mendorong dan menggalakkan pembuatan blog per mata pelajaran
  6. Mengembangkan secara optimal kemampuan diri seluruh civitas madrasah untuk memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangan;
  7. Menjalin komunikasi yang baik dengan Kanwil Kemenag Prov Riau, Kemenag Kota Pekanbaru, dan Dinas Dikbud Kota & Propinsi dalam peningkatan kualitas madrasah;
  8. Mewajibkan warga madrasah untuk menggunakan bahasa Inggris dan/atau Arab dalam berkomunikasi di lingkungan madrasah pada hari-hari dan waktu yang ditentukan;
  9. Membentuk tim penegak disiplin berbahasa dari guru dan organisasi siswa;
  10. Membentuk kelompok gemar bahasa Inggris, Arab, dan Mandarin;
  11. Membentuk kelompok-kelompok belajar guna mendukung penciptaan learning community;.
    Pengadaan buku paket dan penunjang, komputer dan proyektor/infokus, dan CCTV didalam kelas dan lingkungan madrasah;
  12. Melakukan kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pendidikan (setingkat SMP, SMA/MA, lembaga bimbel, dll), perguruan tinggi,badan usaha/industri, dan UPT. Balai Latihan Kerja Provinsi Riau serta lainnya, untuk membantu meningkatkan kualitas peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan, mengembangkan kegiatan-kegiatan life skill khusunyabagi peserta didik yang mempunyai bakat/minat dan motivasi yang tinggi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan hidup mandiri di tengah-tengah masyarakat.
  13. Mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan komite madrasah dan orang tua/wali;
  14. Pelaporan kepada orang tua, komite, dan pihak yang berkompeten secara berkala;
  15. Pengaturan situasi lingkungan dan tata kerja serta pelayanan yang baik kepada pihak pengguna/masyarakat;
  16. Membudayakan gaya hidup sehat, bersih, tertib dan hemat energi melalui pembiasaan seperti: membuang sampah pada tempatnya, kegiatan gotong royong, piket kelas dan lingkungan, kegiatan menanam, memarkir kendaraan di tempat parkir dengan tertib, dan mematikan fasilitas elektronik bila tidak digunakan;
  17. Meningkatkan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam kawasan madrasah untuk mencapai sarana pendukung pengelolaan lingkungan madrasah dengan sanitasi yang baik, pencahayaan kelas yang memadai dan pohon peneduh yang rindang;
  18.  Melakukan pembiasaan shalat Dhuha dan puasa sunnat;
  19.  Melaksanakan shalat berjama’ah; Dzuhur, Ashar, dan shalat Jum’at di masjid Pondok Pesantren Dar El Hikmah.